13 Jenis Perkakas Mesin Bubut

13 Jenis Perkakas atau Peralatan untuk Mesin Bubut



13 Jenis Perkakas atau Peralatan untuk Mesin Bubut

Pada mesin bubut, tentunya pasti memerlukan sebuah alat atau peralatan untuk membantu pengoperasiannya. Nah pada artikel ini, saya akan membagikan sedikit pengetahuan mengenai jenis - jenis peralatan atau perkakas apa saja yang membantu pengoperasian mesin bubut.



#. Berikut penjelasan detailnya pada jenis - jenis perkakas atau peralatan yang membantu Mesin Bubut.


1. Pahat

Pahat adalah benda dari besi, yang memiliki ujung tajam, kegunaan pada benda yang dinamakan pahat ini sangat banyak. Pada benda pahat, terdapat banyak jenisnya, yang memiliki ujung ketajaman dalam bentuk berbeda - beda, berikut contoh gambarannya.



jenis - jenis perkakas atau peralatan yang membantu Mesin Bubut.

Contoh dari kegunaan pahat untuk membantu pengoperasian mesin bubut salah satunya yaitu untuk mengikis, melubangi, dan mengukir benda keras.



2. Gergaji Besi

Gergaji besi memiliki gigi yang halus, dan umumnya digunakan untuk memotong bahan atau benda keras seperti logam dan lain sebagainya.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.

Pada gergaji besi terdapat banyak jenis dan modelnya, juga ada yang manual seperti digambar dan ada yang otomatis. Pada pengoperasian mesin bubut, gergaji besi digunakan untuk memotong bahan atau benda keras.



3. Penggores Besi atau Alat Ukir Grinding

Penggores besi yaitu benda yang terbuat dari bahan baja, penggores besi ini memiliki banyak tipe dan modelnya, mulai dari yang manual hingga otomatis.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.

Pada penggores besi ini, dalam pengoperasian mesin bubut berfungsi untuk menandai dengan titik, sekaligus membuat penggambaran pola - pola pada benda keras.



4. Hammer (Palu)

Palu adalah alat untuk pemukul benda keras, pada palu ini terdapat banyak jenis, tipe, dan modelnya, mulai dari bahan, dan besar kecilnya.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.

Alat pemukul benda keras ini yang disebut dengan palu, dalam pengoperasian mesin bubut banyak fungsinya, selain pemukul sekaligus bisa membersihkan terak pada benda keras yang sudah di las.



5. Plier Complete (Tang Kumplit / Lengkap)

Tang adalah benda yang terbuat dari besi, pada tang ini memiliki banyak kegunaannya, begitupun terdapat banyak dari model dan jenis nya serta berbeda fungsinya, berikut contoh salah satu gambarannya.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.

Pada tang tersebut dalam pengoperasian mesin bubut, banyak sekali kegunaan nya, contoh salah satunya berfungsi untuk memegang benda keras.



6. File (Kikir)

Benda kikir adalah benda untuk mengikir atau meng guguskan permukaan yang kasar pada benda keras, bahan kikir terbuat dari baja yang berkarbon tinggi.

Pada benda yang dinamakan kikir ini, terdapat banyak modelnya, ada yang bulat, segi tiga, datar, dan lain sebagainya, contoh salah satunya pada gambar dibawah kikir model mendatar.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.

Pada umumnya kikir juga banyak digunakan untuk meng tajamkan gergaji, dan meruncingkan atau melancipkan penggores bahan benda keras. Dalam pengoperasian mesin bubut, kikir banyak fungsinya, salah satunya yaitu untuk meruncingkan atau meng tajamkan bahan penggores benda keras.



7. Sikat Kawat baja

Sikat kawat ini terbuat dari bahan baja, dengan model dan jenis yang banyak rupanya. Berikut salah satu contoh gambar sikat baja.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.

Pada sikat kawat baja ini, untuk pengoperasian mesin bubut yaitu berfungsi untuk membersihkan kotoran dan terak, sehabis pengelasan pada benda keras.



8. Kelem - C

Pada benda kelem terdapat banyak model dan jenisnya, berikut salah satu contoh gambaran kelem - C.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.

Benda kelem C, dalam pengoperasian mesin bubut berfungsi untuk menjepit benda keras agar tidak terjadi deformasi karena perambatan panas akibat pengelasan.



9. Mistar Baja

Mistar baja terbuat dari bahan baja, biasa umumnya di pakai untuk mengukur layak nya penggaris biasa, berikut gambaran contoh mistar baja.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.

Pada mistar baja dalam pengoperasian mesin bubut, yaitu berfungsi untuk mengukur kepanjangan benda keras.



10. Mistar Ingsut

Mistar ingsut atau jangka sorong, yaitu alat untuk mengukur ketebalan benda keras. Pada jenis mistar ingsut atau disebut dengan jangka sorong, memiliki banyak jenis dan modelnya, sebagai contoh salah saltunya seperti pada gambar dibawah.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.



11. Ragum Catok

Ragum Catok ini terbuat bahan cast iron atau besi cor, kegunaan pada ragum catok banyak fungsinya, contoh salah satunya yaitu untuk menjepit bahan atau benda keras yang akan dilakukan atau di proses.

Pada ragum catok terdapat banyak model dan jenisnya, Berikut contoh salah satu gambaran ragum catok.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.



12. Obeng (- +)

Obeng adalah alat yang sangat penting di dalam pembongkaran benda keras yang menggunakan baut atau mur yang ujung kepalanya berupa + atau -.



13. Holder (Tang Elektroda)

Tang Elektroda adalah tang yang anti listrik, pada tang elektroda banyak sekali fungsinya, aplagi dalam hal pengelasan. berikut contoh gambarannya pada Holder atau Tang Elektroda.



jenis - jenis perkakas Mesin Bubut.


Tang Elektroda dalam pengoperasian mesin bubut berfungsi untuk menjepit elektroda las listrik.


Itulah pembahasan sedikit pengetahuan mengenai jenis alat - alat atau perkakas untuk pengoperasian mesin bubut, semoga membantu dan bermanfaat.

Membagikan ilmu yang bermanfaat melalui tulisan

Hallo saya admin dari @taruh ilmu, dengan adanya @taruhilmu semoga membantu kita untuk mencari sebuah pengetahuan baik mata pelajaran ataupun hal lain lain yang bermanfaat, serta dengan info dan berita menarik lainnya.

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika ada yg mau ditanyakan terkait artikel diatas.

Lebih baru Lebih lama

Popular Items