Cara mengasah mata bor besi yang tumpul

 

Cara mengasah mata bor nesi yang tumpul


Cara Mengasah Mata Bor Besi Yang Tumpul

Pernah kah kita mendengar atau mengenal mata bor besi, tentunya pasti sudah mengetahuinya ya, mata bor besi merupakan jenis perlengkapan perkakas, yang dimana digunakan untuk membolongi sebuah plat besi atau jenis bahan lainnya yang terbuat dari besi.

Banyak jenis mata bor, mulai dari mata bor besi, kayu, tembok dan lain sebagainya, yang di mana mata bor ini pasti tentunya beda - beda kualitas.

Hal umum bagi pengguna pernah mengalami terjadi tumpulnya pada mata bor bahkan sampai patah juga, sehingga menimbulkan masalah saat mau membuat proyek dengan menggunakan mata bor. 

Nah, pada kali ini, saya akan membagikan sedikit ilmu pengetahuan mengenai cara mengatasi mata bor besi yang tumpul, ini pengalaman saya pribadi dan alhamdulilah berhasil hingga bisa digunakan kembali dengan lancar.

Lalu bagaimana cara mengatasinya, yaitu dengan mengasah ulang pada mata bor besi yang tumpul tersebut, dengan menggunakan slepan atau gerinda.


Coba simak pada gambar dibawah, terdapat mata bor besi yang sudah di asah.

Cara Mengasah Mata Bor Besi Yang Tumpul

Terlihat pada gambar diatas, pada posisi ujung mata bor besi yang sebelah kiri miring ke kiri, dan ujung sebelah kanan miring ke kanan jika dilihat tampak miring.

Nah jika dilihat dalam posisi lurus atau tegak tepat pada gambar yang tengah, ujung mata bor kiri miring ke kiri dan miring ke dalam, begitupun ujung mata bor kanan miring ke kanan dan miring ke luar.

Jadi kesimpulannya, tidak hanya miring ke kanan dan kiri, tetapi harus ada turunan yang kiri ke dalam, dan yang kanan keluar atau bisa di simbolkan dengan posisi seperti ini / \.


Untuk detailnya, cara mengasah mata bor besi yang tumpul dengan menggunakan slepan atau gerinda, simak videonya seperti berikut ini.




Pada video diatas, terdapat mata bor yang sedang diasah dengan menggunakan gerinda, kesimpulannya dari video diatas cara mengasah ujung mata bor.


Nah untuk tes ketajaman hasil dari mata bor yang sudah di asah tadi, bisa di simak video nya sebagai berikut.



Itulah sedikit pengetahuan tentang cara mengasah mata bor besi yang tumpul, menurut pengalamana saya pribadi, semoga membantu dan bermanfaat.

Membagikan ilmu yang bermanfaat melalui tulisan

Hallo saya admin dari @taruh ilmu, dengan adanya @taruhilmu semoga membantu kita untuk mencari sebuah pengetahuan baik mata pelajaran ataupun hal lain lain yang bermanfaat, serta dengan info dan berita menarik lainnya.

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika ada yg mau ditanyakan terkait artikel diatas.

Lebih baru Lebih lama

Popular Items