Cara menghubungkan laptop ke tv dan proyektor HDMI

Cara menghubungkan laptop ke TV dan proyektor dengan HDMI


Cara menghubungkan laptop ke TV dan proyektor dengan HDMI


Tujuan utama menghubungkan laptop ke TV dan proyektor, ialah menampilkan sebuah tampilan dari laptop menuju ke proyektor dan TV dengan tampilan yang sama.

Pada umumnya,  penggabungan ke 3 perangkat tersebut biasanya digunakan untuk perlengkapan sebuah acara persentase, meeting,  dan lain sebagainya, yang dimana menampilkan materi atau pembahasan dengan tampilan yang sempurna.

Lalu, bagaimana tata cara menghubungkannya pada ketiga perangkat tersebut, berikut langkah - langkahnya.



Langkah - langkah menghubungkan laptop ke TV dan proyektor dengan menggunakan kabel jenis HDMI

A. Pertama pastikan pada ketiga perangkat tersebut yaitu laptop, TV, dan proyektor support atau mempunyai port HDMI.


B. Perlengkapan yangvharus disiapkan yaitu 3 kabel jenis HDMI, dan Splitter HDMI minimal 1x2, yang artinya 1x2 yaitu memiliki 1 input HDMI dan 2 output HDMI.


C.Nyalakan semua perangkat tersebut, laptop TV, dan proyektor.


D. Hubungkan port HDMI yang ada pada bagian proyektor mengarah ke bagian port output HDMI pada splitter HDMI, dengan menggunakan kabel jenis HDMI.


E. Hubungkan port HDMI yang ada pada bagian TV mengarah ke bagian port output HDMI pada splitter HDMI, dengan menggunakan kabel jenis HDMI.

Jika pada bagian TV memiliki port HDMI lebih dari satu, kita bisa pilih salah satunya misal HDMI 1 atau HDMI 2.


F. Hubungkan port HDMI yang ada pada bagian laptop mengarah ke bagian port input HDMI pada splitter HDMI, dengan menggunakan kabel jenis HDMI.

Seteleh di hubungkan semuanya, biasanya akan otomatis terdeteksi signal yang terhubung pada ketiga perangkat tersebut, hingga tampilan atau halaman dari laptop tampil ke TV dan proyektor.


G. Sesudah di hubungkan ke tiga perangkat tersebut, tetapi tampilan dari laptop belum tampil - tampil juga ke TV dan proyektor, maka kita harus mengatur atau menyetting dari ke tiga perangkat tersebut.


H. Settingan atau pengaturan dari laptop jika halaman atau tampilan dari laptop belum tampil ke TV dan proyektor.

Pada perangkat laptop, klik tombol windows + P secara bersamaan, dan disitu akan menampilkan beberapa pilihan, dan pilih Duplicate untuk menampilkan halaman yang sama dari laptop ke TV dan proyektor.


I. Settingan atau pengaturan perangkat dari TV, jika halaman dari laptop belum tampil ke TV.

Pada perangkat TV, klik tombol Source atau Input, disitu akan menampilkan beberapa pilihan, dan pilih salah satu port yang terhubung, misal HDMI.


J. Settingan atau pengaturan perangkat dari proyektor, jika halaman dari laptop belum tampil ke proyektor.

Pada perangkat proyektor, klik tombol Source atau Input, disitu akam menampilkan beberapa pilihan, dan pilih port yang terhubung, contoh HDMI.


Jika ingin menghubungkan laptop ke TV dan proyektor dengan melalui jenis kabel VGA, hal dan prosesnya sama seperti pada jenis HDMI diatas, tinggal menggunakan port VGA pada semua perangkat, splitter VGA, dan kabel jenis VGA.

Begitupun settingannya sama seperti diatas, tetapi yang di pilih dalam Source yaitu VGA.


Nah itulah sedikit pengetahuan mengenai cara menghubungkan laptop ke TV dan proyektor, dengan melalui kabel jenis HDMI, semoga membantu dan bermanfaat.

Membagikan ilmu yang bermanfaat melalui tulisan

Hallo saya admin dari @taruh ilmu, dengan adanya @taruhilmu semoga membantu kita untuk mencari sebuah pengetahuan baik mata pelajaran ataupun hal lain lain yang bermanfaat, serta dengan info dan berita menarik lainnya.

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika ada yg mau ditanyakan terkait artikel diatas.

Lebih baru Lebih lama

Popular Items