Cara Menghubungkan Proyektor 3000 Lumens Ke Laptop

 

Cara Menghubungkan Proyektor 3000 Lumens Ke Laptop

Cara Menghubungkan Proyektor 3000 Lumens Ke Laptop / PC


Hai teman -teman, tahukah dengan jenis elektronik yang satu ini yaitu proyektor, tentu pastinya mengetahuinya ya, yang biasa digunakan untuk menampilkan sebuah halaman atau tampilan baik berupa video, gambar, ataupun tampilan lainnya dari perangkat lunak lain.

Pada proyektor 3000 lumens, yaitu yang di maksud dengan 3000 lumens ialah spek dari proyektor tersebut, yang bisa diartikan bisa untuk kapasitas 40-50 orang.

Pada proyektor 3000 lumens tersebut, bisa memakai layar yang lebih besar dari 70 inchi, maksimal 2x2 meter, dengan jarak minimal kurang lebih 3,5 meteran dari posisi layar.


Nah gimana, jadi sudah jelas ya apa itu proyektor, dan tujuannya, lalu bagaimana cara menggunakan atau mengkoneksikannya dengan perangkat lain.

Tepat sekali, disini saya akan membagikan cara mengkoneksikan atau menghubungkan proyektor dengan perangkat lain yaitu laptop / PC.



Cara menghubungkan proyektor ke laptop

A. Pertama langkah - langkah cara menghubungkan proyektor 3000 lumens dengan laptop, perlengkapan yang harus disiapkan yaitu kabel HDMI atau kabel VGA, tergantung pada perangkat proyektor dan laptop yang akan digunakan apakah support HDMI atau VGA.


B. Nyalakan kedua perangkat tersebut yaitu laptop dan proyektor, kemudian sambungkan kabel yang support dengan kedua perangkat tersebut, misalnya memakai kabel jenis HDMI.

Pada proyektor biasanya port HDMI terletak dibagian belakang proyektor tersebut, sedangkan pada laptop port HDMI biasanya terletak di bagian samping sisi kanan tetapi ada juga di bagiab belakang tergantung jenis laptonya, kemudian hubungkan kabel HDMI tersebut kebagian port HDMI pada proyektor, dan port HDMI pada laptop.


C. Sesudah dihubungkan kabel HDMI pada kedua perangkat tersebut, biasanya akan otomatis terdeteksi input yang terhubung pada kedua perangkat tersebut, hingga akan otomatis langsung halaman dari laptop akan tampil ke proyektor.


D. Jika sesudah dihubungkan kedua perangkat tersebut dengan memakai jenis kabel HDMI, tetapi halaman dari laptop belum tampil ke proyektor.

Yaitu di sebabkan oleh setingan pada kedua perangkat tersebut, pada laptop coba atur pengaturannya dengan menekan tombol Windows + P dan disitu akan menampilkan beberapa pilihan yang diantaranya.

- Second screen only yang bisa diartikan halaman dari laptop hanya ditampilkan di perangkat yang terhubung yaitu proyektor saja, sedangkan dari laptop mati atau tidak ada halaman.

- Extend yang bisa diartikan untuk menampilkan halaman dari laptop ke sebuah perangkat yang terhubung yaitu proyektor, dan si perangkat laptop bisa di operasikan secara langsung tanpa mengganggu halaman yang sedang ditampilkan ke proyektor, atau sering kali bisa disebut memperluas tampilan layar laptop atau penambah monitor untuk laptop ( Tampilan halaman yang berbeda ).

- Duplicate yang bisa diartikan menampilkan halaman yang sama dari laptop menuju ke sebuah perangkat yang terhubung yaitu proyektor.

- PC screen only yang bisa diartikan hanya menampilkan halaman di laptop saja tidak ke perangkat lain yang sedang terhubung.

Nah pada setelan perangkat laptop diatas, kita bisa pilih salah satunya untuk menampilkan sebuah halaman ke perangka yang terhubung.



Cara menghubungkan proyektor ke PC

Pertama lihat dulu pada bagian CPU komputer kita, apakah support dengan VGA atau HDMI, dipastikan support untuk jenis salah satunya baik HDMI ataupun VGA.

Nah untuk cara menghubungkannya hal dan prosesnya sama seperti yang diatas pada "Cara menghubungkan proyektor ke laptop", juga pula untuk settingannya sama, jika halaman dari PC belum tampil - tampil ke proyektor.


Nah itulah sedikit pengetahuan mengenai cara menghubungkan proyektor 3000 lumens ke laptop / PC, semoga membantu dan bermanfaat, jika ada salah kata atau frasa mohon maaf, jika ada yang mau ditanyakan atau kurang jelas bisa ketik di komentar, sekian dan terima kasih.
Membagikan ilmu yang bermanfaat melalui tulisan

Hallo saya admin dari @taruh ilmu, dengan adanya @taruhilmu semoga membantu kita untuk mencari sebuah pengetahuan baik mata pelajaran ataupun hal lain lain yang bermanfaat, serta dengan info dan berita menarik lainnya.

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika ada yg mau ditanyakan terkait artikel diatas.

Lebih baru Lebih lama

Popular Items